SELAMAT DATANG DI BLOG DICKY WANKIE OFFICIAL MAKALAH CABANG OLAHRAGA LOMPAT JAUH Skip to main content

MAKALAH CABANG OLAHRAGA LOMPAT JAUH

Mata Pelajaran PJOK


BAB I
PENDAHULUAN 


A. Latar Belakang

Dalam kehidupan modern manusia tidak dapat dipisahkan dari olahraga, baik sebagai arena adu prestasi maupun sebagai kebutuhan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Olahraga  mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan manusia. Melalui olahraga dapat dibentuk manusia yang sehat jasmani,  rohani serta mempunyai kepribadian, disiplin, sportifitas yang tinggi sehingga pada akhirnya akan terbentuk manusia  yang berkualitas.Dalam lompat jauh terdapat beberapa macam gaya atau sikap badan pada saat melayang di udara. Soegito dkk (1994 :  143) menyebutkan ada tiga cara sikap melayang yaitu: 1) gaya jongkok (waktu melayang bersikap jongkok), 2) gaya lenting (waktu di udara badan dilentingkan), dan 3) gaya jalan di udara (waktu melayang kaki bergerak seolah-olah berjalan di udara). Gaya lompat jauh yang paling sederhana untuk diajarkan pada pemula seperti siswa di SD adalah lompat jauh gaya jongkok. Tehnik lompat jauh gaya jongkok termasuk yang paling sederhana di banding dengan gaya yang lain.





B. Rumusan Masalah
1) Apa yang dimaksud dengan Lompat Jauh?
2) Bagaimana Perkembangan Olah Raga Lompat Jauh?
3) Berapakah Ukuran Lapangan Lompat Jauh?

C. Tujuan
1) Mahasiswa dapat MengetahuiPengertianLompat Jauh 
2) Mahasiswa dapat MengetahuiSejarah Lompat Jauh 
3) Mahasiswa dapat Mengetahui Ukuran Lapangan Lompat Jauh 
BAB II
PEMBAHASAN


A. Pengertian Lompat jauh
Lompat jauh merupakan salah satu nomor lompat dari cabang olahraga atletik yang paling populer dan paling sering dilombakan dalam kompetisi kelas dunia, termasuk Olimpiade. Lompat jauh adalah suatu gerakan melompat ke depan atas dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara (melayang di udara) yang dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak yang sejauh-jauhnya.
Lompat jauh merupakan suatu gerakan melompat yang menggunakan tumpuan pada satu kaki untuk mencapai jarak sejauh – jauhnya . Sasaran dan tujuan lompat jauh adalah untuk mencapai jarak lompatan sejauh mungkin ke sebuah titik pendaratan atau bak lompat. Jarak lompatan diukur dari papan tolakan sampai ke batas terdekat dari letak titik pendaratan yang dihasilkan oleh bagian tubuh.

B. Sejarah Lompat Jauh
Lompat jauh adalah salah satu dari peristiwa-peristiwa asli pancalomba Olimpiade di Yunani Kuno. Long Jump adalah satu-satunya dikenal melompat peristiwa dalam Olimpiade Kuno tersebut. Semua peristiwa yang terjadi di Olimpiade pada awalnya seharusnya bertindak sebagai bentuk pelatihan untuk perang. Lompat jauh muncul mungkin karena mencerminkan persimpangan rintangan seperti sungai dan jurang. Setelah menyelidiki penggambaran yang selamat dari peristiwa itu kuno percaya bahwa tidak seperti hari acara modern, atlet hanya diperbolehkan berlari pendek awal. Para atlet membawa beban di masing-masing tangan, yang disebut halteres (antara 1 dan 4,5 kg). Beban ini itu mengayunkan maju sebagai atlet melompat untuk meningkatkan momentum. Hal ini umumnya percaya bahwa baju hangat akan melemparkan berat di belakangnya di udara untuk meningkatkan momentum ke depan, namun diadakan di seluruh halteres durasi melompat. Berayun mereka dan kembali pada akhir melompat atlet akan mengubah pusat gravitasi dan biarkan atlet untuk meregangkan kaki ke luar, meningkatkan jarak. Melompat itu sendiri dibuat dari bater ( “apa yang menginjak pada”). Kemungkinan besar papan sederhana ditempatkan di stadion lagu yang telah dihapus setelah kejadian (Miller, 66). Para penerjun akan mendarat dalam apa yang disebut skamma ( “menggali-up” area) (Miller, 66). Gagasan bahwa ini adalah sebuah lubang yang penuh pasir adalah salah. Pasir di lubang melompat adalah penemuan modern (Miller, 66). Yang skamma hanyalah daerah sementara untuk menggali kesempatan itu dan bukan sesuatu yang tetap dari waktu ke waktu. Lompat jauh dianggap salah satu yang paling sulit dalam acara yang digelar di Olimpiade sejak banyak keahlian diperlukan. Musik ini sering dimainkan selama Philostratus melompat dan mengatakan bahwa kadang-kadang pipa akan menyertai melompat sehingga dapat memberikan ritme untuk gerakan kompleks dari halteres oleh atlet. Philostratos dikutip mengatakan, “Peraturannya menganggap melompat sebagai yang paling sulit kompetisi, dan mereka membiarkan jumper untuk diberikan keuntungan dalam irama dengan menggunakan seruling, dan berat dengan menggunakan tali. ” (Miller, 67). Paling menonjol dalam olahraga kuno adalah seorang pria bernama Chionis, yang dalam mengadakan Olimpiade 656BC melompat dari 7,05 meter (23 kaki dan 1,7 inci). 
Ada beberapa argumen oleh para sarjana modern di lompat jauh. Beberapa telah berusaha untuk menciptakan kembali sebagai triple jump. Gambar menyediakan satu-satunya bukti untuk tindakan sehingga lebih baik diterima bahwa itu sama seperti hari ini lompat jauh. Alasan utama beberapa ingin menyebutnya triple melompat adalah adanya sumber yang mengklaim sana sekali adalah lima puluh lima kaki melompat kuno yang dilakukan oleh seorang pria bernama Phayllos (Miller, 68).Lompat jauh telah menjadi bagian dari kompetisi Olimpiade modern sejak lahirnya Olimpiade pada tahun 1896. Pada 1914, Dr Harry Eaton Stewart merekomendasikan “luas berlari melompat” sebagai standar acara trek dan lapangan bagi perempuan. Namun, hal itu tidak sampai 1928 bahwa perempuan diperbolehkan untuk bersaing dalam event di tingkat Olimpiade.


C. Ukuran lapangan lompat jauh 

Panjang bak lompat jauh: 9 meter
Lebar bak lompat jauh: 2,75 meter
Panjang jalur untuk awan sebelum melompat: 13-45 meter
Lebar lintasan untuk awan berlari sebelum melompat: 1,22 meter
Panjang papan: 1,22 meter
Lebar papan: 20 meter
Diisi dengan pasir di area kolam lompat jauh
Untuk mendapatkan lompatan maksimum, Anda perlu mengetahui teknik lompat jauh dasar seperti awalan, yang seharusnya tidak tegang. Maka Anda harus menggunakan kaki terkuat sebagai andalan untuk menjaga tubuh di udara untuk waktu yang lama dan tubuh kita tidak harus jatuh ke belakang ke pasir.
Seperti halnya olahraga lain, ukuran bidang lompat jauh dan aturan lompat jauh ditentukan oleh organisasi olahraga internasional orang tua. Aturannya diatur agar kompetisi yang diadakan seragam. Berikut mengikuti ukuran bidang lompat jauh sesuai dengan standar internasional dan nasional.
1) Awalan lintasan lari
Lebar jarak untuk memulai lompat jauh adalah 1,22 meter dan maksimum 1,25 meter. Panjang rute itu sendiri adalah 40 meter. Panjang rute ini juga disesuaikan dengan kondisi atlet sebelum memulai lari ketika ia ingin melompat, yaitu antara 13 dan 45 meter. Jalur untuk awalan dibatasi oleh garis putih selebar 5 cm di kanan dan kiri.Untuk mendapatkan lompatan maksimum dan memenangkan pertandingan, Anda harus memahami teknik lompat jauh dasar dan awalan, yang tidak boleh tegang dan gugup. Selain itu, menggunakan kaki terkuat sebagai alas, Anda bisa menggunakan kaki kiri atau kaki kanan.

2) Papan tolakan
Untuk panjang papan tolakan dalam lompat jauh saja, 1,21 hingga 1,22 meter sama dengan lebar trek awal. Lebar pelat tolakan adalah 19,8 cm hingga 20,2 cm dan ketebalan pelat tolakan 10 cm. . Selain itu, jarak antara pelat tolakan dan sisi terjauh dari landasan pendaratan setidaknya 10 meter.
Papan tolakan dalam olahraga lompat jauh persegi panjang yang terbuat dari kayu atau bahan lain yang sesuai seperti plastisin yang sesuai dan dicat putih. Papan tolakan dipasang dengan menanam dan pada jarak setidaknya 1 meter dari lokasi pendaratan atau pasir. Ini untuk memungkinkan kaki jumper direkam dengan benar ketika kesalahan telah terjadi.

3) Bidang Mendarat
Situs pendaratan di lompat jauh adalah pasir dengan ukuran berikut; Luas pendaratan setidaknya 2,75 meter. Jarak dari garis tolak ke ujung situs lompat setidaknya 10 meter atau memiliki panjang murni 9 meter.
Permukaan pasir di lokasi pendaratan harus rata atau sejajar dengan permukaan pelat tolakan. Ketika Anda mendarat di pasir ini, cobalah untuk tidak jatuh kembali dan menjaga tubuh Anda di udara untuk waktu yang lama.
Olahraga lompat jauh ini harus memastikan bahwa bahan pasir yang digunakan sebagai pendaratan untuk atlet atau atlet lompat jauh memiliki kualitas yang sangat baik, pasir halus, kualitas baik dan tidak ada kerikil yang tajam. Mengapa itu penting? Karena agar tidak melukai atlet dan peserta dalam lompat jauh.
Penting bagi atlet untuk mengetahui teknik lompat jauh dasar yang bagus, mis. B. mengurangi ketegangan saat lepas landas, menggunakan kaki terkuat untuk membuat tumpuan kaki sebelum melompat, mempertahankan tubuh yang melayang lebih lama di udara, dan jatuh ke bak mandi pendaratan yang seharusnya tidak jatuh ke belakang di sekitar Jangan mengurangi jarak antara hasil lompatan.
Lompat jauh umumnya merupakan bentuk lompatan dan angkat kaki di depan tubuh. Ini harus dilakukan agar tubuh Anda dapat menjaga berat badan Anda di udara selama mungkin. Anda harus melakukan gerakan ini dengan sangat cepat dan hanya menggunakan tolakan atau bangku. Selain kecepatan, Anda harus melakukan lompatan sejauh mungkin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Anda juga harus memahami teknik lompat tinggi sendiri. Jika Anda memahami tekniknya, hindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti cedera.
Seperti olahraga lompat tinggi, lompat jauh juga merupakan olahraga. Olahraga ini dapat dilakukan oleh atlet pria dan wanita. Tujuan dari olahraga lompat tinggi adalah untuk mencapai hasil lompatan sejauh mungkin. Untuk mencapai hasil yang diinginkan dan memenangkan pertandingan, atlet lompat jauh harus selalu melatih kecepatan, kekuatan dan keseimbangan mereka.Lompat jauh ini tidak hanya dilakukan di tingkat regional atau nasional, tetapi juga di kompetisi olahraga internasional. Contohnya adalah Pertandingan Olimpiade, Pertandingan Asia atau pertandingan regional seperti Sea Games. Di Indonesia, lompat jauh berada di bawah perlindungan PASI atau Asosiasi Atletik Indonesia. Perusahaan induk dari organisasi lompat jauh adalah IAAF atau International Association of Athletics Federation.
 
BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Lompat jauh merupakan salah satu nomor lompat dari cabang olahraga atletik yang paling populer dan paling sering dilombakan dalam kompetisi kelas dunia, termasuk Olimpiade. Lompat jauh adalah suatu gerakan melompat ke depan atas dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara (melayang di udara) yang dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak yang sejauh-jauhnya.

Lompat jauh adalah salah satu dari peristiwa-peristiwa asli pancalomba Olimpiade di Yunani Kuno. Long Jump adalah satu-satunya dikenal melompat peristiwa dalam Olimpiade Kuno tersebut. Semua peristiwa yang terjadi di Olimpiade pada awalnya seharusnya bertindak sebagai bentuk pelatihan untuk perang. 

Lompat jauh muncul mungkin karena mencerminkan persimpangan rintangan seperti sungai dan jurang.Lebar jarak untuk memulai lompat jauh adalah 1,22 meter dan maksimum 1,25 meter. Panjang rute itu sendiri adalah 40 meter.Untuk panjang papan tolakan dalam lompat jauh saja, 1,21 hingga 1,22 meter sama dengan lebar trek awal. Lebar pelat tolakan adalah 19,8 cm hingga 20,2 cm dan ketebalan pelat tolakan 10 cm. . Selain itu, jarak antara pelat tolakan dan sisi terjauh dari landasan pendaratan setidaknya 10 meter. Situs pendaratan di lompat jauh adalah pasir dengan ukuran berikut; Luas pendaratan setidaknya 2,75 meter. Jarak dari garis tolak ke ujung situs lompat setidaknya 10 meter atau memiliki panjang murni 9 meter.

B. Saran
Dengan dibuatnya makalah agar hendaknya dijadikan pembelajaran dan motivasi seorang mahasiswa untuk mengtahui tentang cabang olahraga lompat jauh,pekembangan cabang olah raga lompat jauh dari masa ke masa,dan mahasiswa dapat mengetahui ukuran lapangan dalam olah raga lompat jauh.

Link Download
👇👇


Comments

Popular posts from this blog

PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STKIP ROSALIA(STO) METRO LAMPUNG TAHUN AKADEMIK 2021-2022

Menerima Mahasiswa/i Baru Tahun Akademik 2021/2022 Program Studi: 1. Pendidikan Olah Raga 2. Pendidikan Seni Pertunjukan 3. Pendidikan Guru SD 4. Pendidikan Vokasional Informatika Pendaftaran & Seleksi Gelombang 1 Pendaftaran : 01 Maret s/d 27 Mei 2021 Seleksi/tes : 29 Mei 2021 Waktu : 08.00 WIB Uang Pendaftaran : Rp. 200.000 Gelombang 2 Pendaftaran : 31 Mei s/d 29 Juli 2021 Seleksi/tes : 31 Juli 2021 Waktu : 08.00 WIB Uang Pendaftaran : Rp. 350.000 Gelombang 3 Pendaftaran : 02 Agustus s/d 09 September 2021 Seleksi/tes : 11 September 2021 Waktu : 08.00 WIB Uang Pendaftaran : Rp. 400.000 Pakaian: - Prodi Pend. Olahraga.  : Olahraga - Prodi Lain.                      : Bebas Rapih Syarat-Syarat Pendaftaran  Foto Copy STTB dan DANEM/STL SMU/SMK sederajad yang telah di legalisir : 2 lembar Pas Foto : 3x4 = 4 lembar (berwarna)  Surat keterangan berbadan Sehat dari dokter Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan oleh panitia S

TAHAP-TAHAP BELAJAR MOTORIK-BELAJAR MOTORIK

TAHAP-TAHAP BELAJAR MOTORIK A. Uraian dan contoh.   Beberapa ahli sependapat bahwa belajar keterampilan motorik berlangsung melalui beberapa tahap. Motorik merupakan media dalam mempelajari pendidikan jasmani dan olahraga, oleh karena itu tahap-tahap belajar yang dilakukan adalah sama dengan orang belajar keterampilan yang lain.  Robb (1972), membagi tahap belajar motorik dalam beberapa tahap yaitu:  (1) tahap pembentukan rencana, (2) tahap latihan, (3) tahap pelaksanaan. Dan Schmidt, (1988) mengutip pendapat Fitts dan Postner yang menyatakan bahwa belajar keterampilan motorik berlangsung melalui beberapa fase, yaitu: (1) fase kognitif, (2) fase fiksasi (asosiasi), dan (3) fase otomatisasi. Merril (1976) menggambarkan bahwa belajar motorik terdiri dari tahap penguasaan, penghalusan dan penstabilan motorik atau keterampilan teknik olahraga.     1) Tahap Kognitif.   Dalam mulai mempelajari suatu tugas baru dibutuhkan informasi cara  melaksanaan tugas gerak yang bersangkutan dengan bena